fbpx
How to Implement Joyful Learning during the Pandemic

­­­­How to Implement Joyful Learning during the Pandemic

Pandemic made us stay at home and learn from home. How to keep implementing joyful learning for our students is not solely depend on teachers. Teachers also need the support from parents to ease the implementation. Ms. Kara Andrea Handali, M.Psi., Psikolog gave her insight on the chosen topic.

 

To enjoy learning, one should know how to manage his or her own emotion. Starting her session, Miss Kara Handali asking how the school have been going during the pandemic. Parents and teachers eagerly shared their experiences.

 

One important aspect that parents and teachers should understand is the characteristics of the learner’s age. A very young learner in Kindergarten will need activities that cater their needs to move around. It is not possible to ask such a young learner to sit still and study for a long span of time. So, teachers should provide interesting activities and parents could accompany their children to help them focus on the tasks.

 

Older children will be more able to handle online learning. How should parents approach and help their child are discussed in this webinar. To know more about the content, please watch the session in our youtube video.

Bagaimana Menerapkan Pembelajaran yang Menyenangkan selama Pandemi

Pandemi sudah membuat kita tinggal di rumah dan harus belajar dari rumah. Bagaimana agar anak bisa merasakan pembelajaran yang menyenangkan tidak hanya tergantung semata-mata pada guru-guru. Guru juga membutuhkan dukungan orang tua agar dapat membantu terciptanya suasana belajar yang menyenangkan itu.  Ibu Kara Andrea Handali, M.Psi., Psikolog hadir dalam Open House kali ini untuk berbagi hal-hal penting seputar topik ini.

 

Untuk bisa menikmati pembelajaran, anak perlu bisa mengetahui bagaimana mengelola emosinya. Sebelum memulai sesi, Ibu Kara Handali menanyakan bagaimana pengalaman menjalani sekolah selama pandemi. Orang tua dan guru-guru membagikan berbagai pengalaman mereka yang mereka rasakan dalam satu atau dua kata. 

 

Satu hal penting yang perlu dimengerti baik oleh orang tua maupun guru adalah kebutuhan setiap anak yang berbeda sesuai dengan karakteristik umurnya. Anak usia dini dari Taman kanak-kanak membutuhkan kegiatan yang mampu menjawab kebutuhan mereka untuk bergerak. Tidak mungkin untuk mengajak mereka duduk diam dan belajar dalam rentang waktu yang panjang. Jadi, guru perlu menyediakan kegiatan yang menarik dan orang tua bisa menemani anak mereka agar bisa lebih fokus pada tugas yang sedang dikerjakannya.

 

Pembelajaran daring tentunya lebih mudah diserap oleh anak yang lebih dewasa. Bagaimana orang tua bisa membantu anak-anak mereka merupakan materi yang diperbincangkan dalam seminar daring kali ini. Bila tertarik untuk mengetahui apa saja yang diperbincangkan, silahkan menonton sesi tersebut di video unggahan youtube kami.