fbpx
Mengobarkan Semangat Sumpah Pemuda

Semangat Sumpah Pemuda adalah semangat persatuan dan kesatuan yang sepatutnya terus dijaga dan dipelihara kobaran semangatnya.  Saint John’s Catholic School senantiasa mengajak murid-murid Saint John’s untuk mengenali keberagaman budaya bangsa dan terus mengobarkan semangat persatuan itu.

Perayaan Sumpah Pemuda kali ini secara resmi diisi dengan Upacara Bendera pada tanggal 28 Oktober 2022, tetapi berbagai kegiatan dan lomba diikuti juga oleh murid-murid Saint John’s, baik secara internal, maupun berbaur dengan kaum muda lainnya.

Tanggal 20 – 23 Oktober 2022, sebanyak tujuh orang murid dari Saint John’s BSD dan Meruya didampingi Kepala Sekolah Saint John’s School Meruya mengikuti Kemah Budaya Atsanti. Di sana, mereka berbaur dengan kaum muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengenali kekayaan budaya bangsa yang ada di lingkungan Candi Borobudur sambil mengenali obyek pemajuan kebudayaan Indonesia. Murid-murid SMA dari Sumatera hingga ke Papua berkumpul bersama, belajar dan berkolaborasi dalam proses mengenali budaya Indonesia.

Perkenalan pada makna persatuan dan kesatuan sebagai bangsa, juga diperkenalkan oleh Bapak Azmi Abubakar, pendiri Museum Pustaka Peranakan Tionghoa. Sejarah perjuangan kebangsaan dengan kerjasama wakil-wakil kaum muda Indonesia disampaikan dalam bentuk seminar. Pembelajaran sejarah yang mungkin tidak semua tercantum dalam buku pelajaran sejarah Indonesia, diharapkan menjadi penggugah murid-murid SMP dan SMA Saint John’s Gading Serpong dalam bertumbuh sebagai putra dan putri Indonesia di zaman yang semakin global ini.

Berbagai perlombaan juga diadakan untuk mendekatkan murid-murid pada makna Sumpah Pemuda dan membantu mereka agar senantiasa menghidupkan semangat Sumpah Pemuda di hati mereka. Sebagai puncak acara, tentunya adalah upacara bendera di masing-masing lokasi sekolah. Keberagaman adalah kekayaan kita, tetapi persatuan dan kesatuan menjadi dasar kelahiran dan pertumbuhan bangsa ini. Semoga generasi penerus bangsa bertumbuh dalam semangat persatuan dan kesatuan Sumpah Pemuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *