fbpx

Home » Tentang Kami (About Us) » BSD Campus » Primary » Primary Curriculum

Primary Curriculum

Kurikulum SD

Primary Curriculum

 

Kurikulum SD

 

Sesuai dengan misi sekolah, Saint John’s Catholic School memakai kurikulum nasional 2013 di Indonesia yang menguraikan individu yang akan tumbuh menjadi: berkomitmen untuk menjadi yang terbaik, cakap dan percaya diri, menghormati nilai-nilai Katolik, murah hati dan peduli pada fakir miskin, mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan bahasa yang lain, mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif, tumbuh menjadi warga yang baik dan pemimpin yang peduli.

 

Mengingat pentingnya ini, Saint John’s Catholic School bagian SD memberlakukan Bahasa Inggris, pendekatan tematik integratif, kegiatan belajar-mengajar yang berpusat pada para siswa-siswi, dan juga pembelajaran inkuiri untuk menciptakan lingkungan yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

 

Program dari Saint John’s Catholic School bagian SD mencakupi:

 

KEAGAMAAN

 

Pelajaran ini dibuat untuk mengembangkan sang murid untuk menjadi siswa yang mempunyai kepercayaan dan berkomitmen kepada Tuhan, untuk bertingkah secara anggun dalam mencintai sesama melalui ajaran Yesus Kristus. Tingkah laku yang mulia mencakupi: etika, tata krama atau moral sebagai manifestasi dari ajaran agama.

 

PENDIDIDKAN MORAL

 

Pendidikan moral bertujuan untuk mengembangkan kepekaan dan pengetahuan para siswa-siswi akan status, hak dan kewajiban sebagai bagian dari sebuah masyarakat dan negara, dan bagaimana mengembangkan kualitas diri mereka sebagai seorang manusia individual. Ada enam nilai utama yang dikembangkan pada pelajaran ini: Saling menghormati, Bertanggung jawab, Ketahanan, Integritas, Kemurahan hati, Harmoni dan Kejujuran.

 

BAHASA INDONESIA, INGGRIS & MANDARIN

 

Dibuat untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi secara lisan maupun tulisan: mendengarkan, berbicara dan menulis. Ada tiga bahasa yang diberikan: Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Mandari yang diajarkan secara efektif melalui sistem tidak sadar yang digemari oleh para siswa-siswi.

 

MATEMATIKA

Para siswa-siswi belajar matematika dasar, seperti pengoperasian nomer, geometri, pengukaran, aljabar dan ilmu statistika sebagai dasar dari pemikiran logis dan analisis supaya bisa memecahkan berbagai problema. Pelajaran dibuat menyenangkan dengan cara memakai contoh sehari-hari.

 

IPA & IPS

Para siswa-siswi akan diajarkan untuk mengenali, menanggapi dan menghargai IPA dan IPS. Ilmu ini akan mengembangkan kebiasaan berpikir secara ilmiah, kreatif dan mandiri. Proses belajar-mengajar akan dipergunakan melalui keingintahuan, dengan menggunakan observasi dan penjelajahan melalui studi lapangan dan percobaan menggunakan metode ilmiah.

KESENIAN (MUSIK DAN KERAJINAN RAKYAT)

Melalui musik, kesenian dan kerajinan, para siswa-siswi akan diberikan kesempatan untuk mengerti akan konsep dan pentingnya musik dan kesenian, menumbuhkan kreativitas, mengembangkan ketrampilan motorik mereka, dan juga diajarkan untuk menghargai karya musikal dan seni lainnya, menjadikan mereka berpengetahuan tentang musik dan kesenian lainnya, mengekspresikan mereka melaluinya dan memberikan kontribusi mereka sendiri, baik secara lokal, bahkan mendunia.

OLAHRAGA

Pelajaran olahraga dibuat untuk meningkatkan ketahanan tubuh para siswa-siswi, menanamkan semangat sportivittas dan hidup sehat melalui olahraga individual ataupun grup. Program hidup sehat mencakupi kebersihan, keamanan dan kesehatan individual maupun kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan.

TEKNOLOGI INFORMASI & TEKNOLOGI

Teknologi informasi dan komunikasi akan digunakan untuk menyalurkan kebutuhan untuk mengajarkan dan belajar tentang hal-hal yang selalu memerlukan program terbaru, untuk menciptakan pribadi yang selalu ingin tahu, kreatif dan inovatif yang akan bertanggung jawab kepada dunia komputer dan teknologi di dalam dunia kita.

 

Primary Curriculum

In keeping with the school’s mission, Saint John’s Primary School adopts the Indonesian National Curriculum 2013 which is elaborated to develop and nurture individuals who are: committed to  excellence, competence and confidence; respecting the Catholic values, compassionate and cares for the poor; effective communicators in English, Bahasa Indonesia, or other languages; critical thinkers, creative and innovative, as well as concerned leaders and proud citizens.

With this in mind, Saint John’s Primary School applies the English immersion, integrated thematic approach, students centered learning, as well as inquiry learning in its instructions, to create an active, creative, effective and fun environment.

Saint John’s Primary School’s program includes: 

RELIGION

This subject is meant to develop the students into a person who has faith and committed to God the Almighty, to behave graciously in loving others as learned from the teachings of Jesus Christ. Noble behavior includes ethics, manners, or morals as manifestation of religious education. 

CIVIC AND MORAL EDUCATION

Civic and Moral Education (CME) aims to develop the awareness and the knowledge of the students to their status, right, and responsibilities as a part of the society, the nation, and the state, and to improve their quality as human beings. There are six main values to develop through CME: respect, responsible, integrity, care, resiliance and harmony.

ENGLISH, BAHASA INDONESIA & MANDARIN

To develop the ability and skills in oral and written communication: listening; speaking; reading; writing.  There are three languages given; English, Indonesian, and Mandarin, to be taught effectively through the sub-conscious learning method that appeal to students. 

MATHEMATICS

Students learn the basic of mathematics, i.e. numbers operation, geometry, measurement, algebra and statistics  as the foundation of logical and analytical thinking to be able to solve problems. Learning activities are made in the form of realistic Math.

 

SCIENCE AND SOCIAL STUDIES

Students are trained to recognize, to respond, and to appreciate science. It helps the growth of the thinking habit, critical scientific conducts, being creative and independent.  Therefore, the teaching and learning activities are given through an inquiry-based learning, by doing the observation and exploration such as field trips, and experiments using the steps of scientific methods.

CULTURAL ART (MUSIC & ART CRAFT)

Through music, art and craft exploration time, students are given the opportunities to understand the concept and the importance of music and visual art, nurture their creativity, develop their fine motor skills, as well as to show their appreciation toward the musical and visual works. Thus, they can hold knowledge in  music and visual art, express their themselves through it, and give contribution to  music, visual art and craft in local scoop as well as regionally and globally.

PHYSICAL AND HEALTH EDUCATION

Physical and Health education is intended to improve the students’ physical potential, instill sportsmanship and healthy living awareness through individual or group sports/ games/ other physical activities, and healthy living program including personal hygine and sanitary, personal safety, and healthy habits.

INFORMATION AND COMMUNICATIONS TECHNOLOGY (ICT)

Information and Computer Technology (ICT) will be utilized in supplying the needs of teaching and studying activities and the need to have an updated method; to instill inquisitive, creative and innovative characters who are responsible and wise in applying the information and computer technology in their lives.